Kenal Apa itu Virus Corona yang dapat Menyebabkan Kematian

Kenal Apa itu Kirus Corona yang dapat Menyebabkan Kematian. Pengertian dan gejala virus Korona (Coronavirus) nCoV yang Mematikan dan menyebabkan penyakit pada burung dan juga mamalia (Manusia juga termasuk) hingga memiliki dampak buruk, sampai dengan kematian. Virus korona (Corona) juga telah menyebar di 12 Negara dan sudah 1.300 orang terinfeksi, 41 orang meninggal. Sampai ini para peneliti masih mencari obat untuk menyembukahkan penyakit virus korona (Corona). Kemudian bagaimana ciri – ciri gejala virus corona (coronavirus) yang bisa berupa sakit kepala, sakit tenggorokan, demam dan gelaja lainnya seperti flu? Lalu bagaimana Penampakan Foto Pertama virus korona (Corona) dari Miskroskop? Silakan simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Koronavirus (Coronavirus)

Virus Korona, Koronavirus(Coronavirus) adalah virus yang berasal dari familia Coronaviridae yang menyebabkan sebuah penyakit pada burung dan mamalia termasuk manusia. Bagian dari tubuh virus ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer (envelope), glikoprotein yang mirip seperti paku (spike), genom RNA positif, dan protein nukleokaapsid.

Koronavirus di kelompokkan menjadi tiga golongan utama, untuk golongan 1 dan 2 menginfeksi mamalia mulai dari kelelawar sampai manusia, golongan 3 hanya ditemukan di spesies avian (burung). Infeksi untuk virus ini dapat menyebabkan gejala penyakit yang bervariasi, dari tidak timbul gejala apapun sampai gejala fatal. Kemudian infeksi dari virus koronavirus dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, yaitu Ensefalitis, Brokitis, Hepatitis, Gastroenteritis.

Gambar Pertama dari Virus Koronavirus (Coronavirus)

Gambar Virus Corona Pertama Kali

Gambar di atas adalah gambar pertama kali dari virus Koronavirus, gambar tersebut di rilis oleh National Resources Bank for Pathogenic Microorganisms, gambar tersebut di ambil dari Mikroskrop, dan yang bertanda panah 2 itu adalah Koronavirus (Coronavirus).

Gejala virus Korona (Coronavirus)

Gejala dari virus Korona (Coronavirus) bisa dapat berupa sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, atau gejala lainnya seperti flu, Namun Korona bisa berkembang seperti SARS dan MERS. Penyakit pneumonia ang disebabkan oleh virus korona (Coronavirus), pada awalnya Pneumonia ditemukan di Wuhan, Hubei, China. Dan penyakit ini diduga disebabkan oleh virus korona sebagai pembawa penyakit.

Virus Korona banyak di temukan di spesies hewan seperti kelelawar dan unta, virus ini bisa menginfeksi hewan dan bisa berevolusi di tubuh manusia, virus korona berkembang menjadi virus baru yang menyerang manusia, Seperti SARS-CoV, nCoV, dan MERS-CoV.

Gejala penyakit pneumonia yang disebabkan virus korona (Coronavirus).

Flu

Virus korona menginfeksi manusia pada tipe NLL63, OC43, 229E, dan HKU1. Ini menimbulkan penyakit untuk bagian atas dari yang ringan sampai sedang seperti flu biasa. Gejala untuk penyakit ini seperti sakit kepala batuk, sakit tenggorokan, demam. Dan untuk bagian bawah pernafasan dapat menyebabkan penyakit seperti bronchitis dan pneumonia. Penyakit ini mudah terjangkit untuk orang yang mempunyai system kekebalan tubuh yang lemah, seperti orang tua, dan bayi.

MERS dan SARS

Virus Korona (Coronavirus) MERS-CoV dan Virus Korona (Coronavirus) SARS-CoV memiliki perbedaan. Untuk MERS biasanya berupa batuk, sesak nafas dan demam, hingga berkembang menjadi pneumonia. 3 sampai 4 dari 10 Pasien yang mempunyai penyakit MERS bisa dinyatakan meninggal dunia, kasus MERS ini biasa terjadi di Semenanjung Arab. Untuk SARS gejala penyakitnya seperti kedinginan, demam, dan sakit tubuh dan bisa berkembang menjadi pneumonia.

SARS-CoV

Coronavirus sindrom pernapasan akut (SARS-CoV), untuk pertama kali di temukan di Cina pada November 2002. Wabah penyakit ini menyebabkan 774 Kematian dari 8.098 kasus di seluruh dunia, mulai pada tahun 2002 sampai 2003. Namun sejak 2004, belum ada laporan tentang infeksi SARS-CoV di seluruh dunia.

MERS-CoV

Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV), Untuk pertama kalinya penyakit ini muncul di Arab Saudi pada tahun 2012, MERS terus dimonitas secara global untuk mengetahui bahaya penyakit ini, mulai dari sumber, penyebaran, cara menyegah infeksi penyakit ini. Infeksi penyakit ini bisa melalui udara, seperti batuk, dan melalui kontak langsung seperti menyentuh.

Mencegah penyakit virus Corona berikut ini Cara pencegahan yang di berikan oleh World Health Organization.

  1. Hindari makan telur mentah dan daging.
  2. Hindari merokok dan area yang berasap.
  3. Cuci tangan setelah bersin atau batuk.
  4. Tutup mulut sebelum bersin.
  5. Minum obat setelah mengetahui gejala muncul, jangan biarkan kondisi menjadi parah.
  6. Jika anda yakin terinfeksi, hindari kontak dengan orang – orang.
  7. Lakukan Istirahat yang cukup.
  8. Tinggal jauh dari keramaian.
  9. Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alcohol.
  10. Tutup hidung dan mulut saat bersin dan tutupi dengan tisu.
  11. Hindari melakukan dengan siapapun yang terkena flu, demam atau gejala flu.
  12. Masak telur dan daging, samapai matang.
  13. Gunakan pelindung saat melakukan dengan binatang liar, ternak, atau dipelihara.

Negara – Negara yang terjangkit Virus Korona (Coronavirus).

Virus Korona (Coronavirus) sudah menggemparkan di berbagai negara, dan 10 Negara ini yang telah terjangkit Virus Corona yaitu China, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal dan Perancis. China menjadi negara yang dituding sebagai sumber virus korona, (coronavirus), dan di catat sudah terdapat 41 pasien dengan virus korona yang mengalami kematian.

Mungkin itu yang dapat mediaachmad sampaikan mengenai Penyakit dan Gejala Virus Korona (Coronavirus) dan cara pencegahan agar tidak tertular, semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Kenal Apa itu Virus Corona yang dapat Menyebabkan Kematian
Wahyu Achmad
Her Blue Sky

Postingan Terkait

Posting Komentar