Syarat CPNS KKP 2019 dan Rincian Formasi untuk Lulusan D3, S1, S2


Syarat CPNS KKP 2019 dan Rincian Formasi untuk Lulusan D3, S1, S2. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka Penerimaan CPNS 2019 dengan alokasi lowongan sejumlah 339 Formasi. Sejumlah 333 formasi dibuka untuk pelamar umum.

Ada 53 formasi yang dibuka bagi pelamar cumlaude. Sedangkan pelamar kategori disabilitas dan putra-putri Papua/Papua Barat cuma mendapatkan jatah, masing-masing 8 dan 5 formasi.

Formasi CPNS KKP 2019 terbuka untuk dilamar oleh para lulusan D3, D4, S1 dan S2. Selain itu juga terdapat formasi CPNS yang menerima pelamar lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM).

Info tersebut berdasarkan Surat Pengumuman resmi terbitan KKP Nomor 1068/SJ/XI/2019. Berdasar surat pengumuman ini, KKP juga memberlakukan persyaratan umum dan khusus bagi pelamar CPNS di institusi itu.

1. Syarat Umum Pelamar CPNS KKP 2019

Ada 13 poin Syarat umum yang diberlakukan bagi para pelamar lowongan formasi CPNS KKP 2019. Dan hampir sebagian besar sama dengan yang berlaku dalam penerimaan CPNS 2019 di instansi yang lain.

  1. Syarat pertama adalah pelamar harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Kedua, pelamar tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan, yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  3. Ketiga, pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Keempat, pelamar tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota POLRI, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Kelima, pelamar tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik, atau terlibat dalam politik praktis. Keenam, pelamar wajib memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  6. Ketujuh, pelamar harus sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar. Kedelapan, pelamar tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.
  7. Kesembilan, pelamar berkelakuan baik. Kesepuluh, pelamar bersedia ditempatkan pada unit-unit kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  8. Adapun syarat ke-11, batas usia pelamar pada saat mengirimkan lamaran adalah sebagai berikut:
    • Lulusan D4/S1/S2: Minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun (0 bulan, 0 hari) pada saat mendaftar
    • Lulusan D3: Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun (0 bulan, 0 hari) pada saat mendaftar
    • Lulusan SUPM: Minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun (0 bulan, 0 hari) pada saat mendaftar
  9. Sementara syarat ke-12 adalah pelamar harus lulusan dari Perguruan Tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi dalam BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan.
  10. Terakhir, syarat ke-13 ialah, untuk pelamar lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, harus telah memperoleh penetapan penyetaraan ijazah luar negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Pendidikan Tinggi.

2. Persyaratan Khusus Pelamar CPNS KKP 2019

Sejumlah persyaratan khusus diberlakukan bagi pelamar CPNS KKP 2019 dari kategori penyandang disabilitas dan putra-putri Papua/Papua Barat. Selain itu, beberapa persyaratan khusus juga harus dipenuhi oleh para pelamar formasi jabatan tertentu. Pelamar P1/TL (peserta SKB 2018) pun diharuskan memenuhi berbagai syarat khusus.

Persyaratan Lengkap CPNS KKP 2019 bisa dilihat pada file PDF melalui link di bawah ini:

Syarat CPNS KKP 2019 Lengkap

3. Persyaratan Dokumen

Para pelamar CPNS KKP 2019 diharuskan mengunggah hasil scan sejumlah dokumen asli pada saat melakukan pendaftaran pada situs SSCASN BKN. Adapun sejumlah dokumen itu adalah:

  1. Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun
  2. Kartu Tanda Penduduk/Surat Keterangan Perekaman Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  3. Pas foto berwarna dengan ketentuan wajah terlihat jelas dan berpakaian formal;
  4. Surat lamaran diarahkan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan. Ketua Panitia Seleksi Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2019/2020, diketik menggunakan komputer, bermaterai 6000 dan ditandatangani dengan pulpen bertinta hitam. Format surat lamaran bisa diakses melalui link ini.
  5. Ijazah asli dan Transkrip/Daftar Nilai asli
  6. Beberapa dokumen pendukung lainnya, yakni:
    • Surat pernyataan diketik dengan menggunakan komputer, bermeterai 6000 dan ditandatangani dengan pulpen bertinta hitam. Format contoh surat pernyataan bisa dilihat melalui link ini.
    • Bagi pelamar penyandang disabilitas, ditambah surat keterangan resmi yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasan, yang masih berlaku dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah/puskesmas. Format surat ini bisa diakses melalui link ini.
    • Bagi pelamar formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat, ditambah akte kelahiran/surat keterangan lahir dan surat keterangan hubungan keluarga dengan orangtua dari Kepala Desa/Kepala Suku
    • Bagi Pelamar jabatan Pelaksana/Terampil - Perawat, ditambah Surat Tanda Register (STR)
    • Bagi Pelamar jabatan kelasi, oiler, operator speedboat, ditambah Sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Sertifikat ANKAPIN/ATKAPIN.
    • Semua dokumen pada angka 6 digabung menjadi satu file lalu diunggah pada dokumen pendukung.

Formasi CPNS KKP 2019

Berikut ini perincian formasi CPNS KKP 2019, alokasi lowongannya dan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan. Terdapat 38 jenis jabatan dalam daftar formasi CPNS KKP 2019.

1. Ahli Pertama - Analis Kebijakan

Kualifikasi pendidikan:
  • S1 Ilmu Hukum/S1 Hubungan lnternasional/S1 Administarsi Negara/S1 Ilmu Ekonomi/S1 Ilmu Sosiologi/S1 Ilmu Kelautan dan Perikanan/S-1 Ilmu Komunikasi (10 formasi)
  • S1 Ekonomi/Akuntansi/Manajemen (1 formasi)
  • S1 Oseanografi/Teknologi Kelautan (1 formasi)
  • S1 Perikanan Tangkap, S1 Perikanan Budidaya (1 formasi)

2. Ahli Pertama-Analis Kepegawaian

Kualifikasi Pendidikan:
  • S1 Ilmu Kepegawaian/S1 Ilmu Hukum/S1 Ilmu Administrasi Negara/S1 Ilmu Ekonomi/S1 Ilmu Sosiologi/S1 Ilmu Pemerintahan/S1 Ilmu
  • Komunikasi/S1 Psikologi (23 formasi)
  • S1 Ilmu Kepegawaian/S1 Ilmu Hukum/S1 Ilmu Administrasi Negara/S1 Ilmu Ekonomi/S1 Ilmu Sosiologi/S1 Ilmu Pemerintahan/S1 Ilmu
  • Komunikasi/S1 Psikologi (1 formasi)
  • S1 Hukum/S1 Manajemen SDM/S1 Sosial Politik (1 formasi)
  • S1 Ilmu Kepegawaian/S1 Ilmu Hukum/S1 Ilmu Administrasi Negara/S1 Ilmu Ekonomi/S1 Ilmu Sosiologi/S1 Ilmu Pemerintahan/S1 Ilmu
  • Komunikasi/S1 Psikologi (1 formasi)
  • S1 Ilmu Kepegawaian/S1 Ilmu Hukum/S1 Ilmu Administrasi Negara/S1 Ilmu Ekonomi/S1 Ilmu Sosiologi/S1 Ilmu Pemerintahan/S1 Ilmu
  • Komunikasi/S1 Psikologi (1 formasi)
  • S1 Ilmu Kepegawaian/S1 Ilmu Hukum/S1 Ilmu Administrasi Negara/S1 Ilmu Ekonomi/S1 Ilmu Sosiologi/S1 Ilmu Pemerintahan/S1 Ilmu Komunikasi/S1 Psikologi (1 formasi)
  • S1 Hukum/S1 Manajemen SDM/S1 Sosial Politik (1 formasi)

3. Ahli Pertama-Auditor

Kualifikasi Pendidikan:
  • S1 Hukum/S1 Ilmu Kelautan/S1 Perikanan/S1 Teknik Sipil/S1 Teknologi lnformatika/S1 Akuntansi/S-1 Manajemen (10 formasi)

4. Ahli Pertama-Dosen

Kualifikasi Pendidikan:
  • S2 Teknik Mesin/S2 Teknik Metalurgi/S2 Teknik Elektro/S2 Teknik Material dan Metalurgi (4 Formasi)

5. Pelaksana/Terampil - Pengendali Hama dan Penyakit Ikan

Kualifikasi Pendidikan:
  • D3 Perikanan (6 formasi)

Untuk mengetahui rincian formasi CPNS KKP 2019 lebih lengkap, bisa dilihat dengan mengklik link berikut ini:

Formasi Lengkap CPNS KKP 2019
Syarat CPNS KKP 2019 dan Rincian Formasi untuk Lulusan D3, S1, S2
Wahyu Achmad
Her Blue Sky

Postingan Terkait

Posting Komentar