9+ Kesalahan Fatal SEO Untuk Pemula yang Wajib Dihindari

Kalian seorang Blogger ? ataupun Kalian seorang yang baru ingin menekuni dunia website atau blog. Membuat website atau blog tentunya memiliki berbagai tujuan yang ingin dilakukan tiap individu. Entah untuk berbagi informasi, mengiklankan barang atau jasa yang ingin ditawarkan atau bahkan sebagai media untuk mendapatkan uang dari website atau blog yang dibuat.

Jika pembuatan website atau blog Kalian sangat memerlukan pengunjung yang banyak dalam jangka demi kelancaran pendapatan yang dihasilkan dari internet melalui website atau blog yang telah dibuat. Maka hal penting yang perlu Kalian ketahui adalah dengan menerapkan teknik SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang dalam Bahasa Indonesia menjadi Optimasi Mesin Pencari. SEO adalah teknik yang harus Kalian kuasai dan aplikasikan sebagai pemilik website atau blog demi mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

Mesin pencari memakai algoritma tertentu untuk mengurutkan website - website berdasarkan rangking. Dengan mempraktikkan SEO berarti mencocokkan website agar bersahabat dengan algoritma tersebut.

Penerapan SEO sangatlah berpengaruh dengan berhasil tidaknya sebuah website atau blog. Karena dengan menerapkan teknik SEO, akan memberikan Kalian penghasilan yang banyak karena pengunjung yang memasuki website atau blog Kalian akan banyak dikarenakan website atau blog Kalian menduduki peringkat yang baik dimesin pencari.

Sebagai pemula Kalian harus memperhatikan teknik SEO yang benar dan tepat. Karena kesalahan dalam SEO sering terjadi apalagi oleh para pemula. Jadi, apa sajakah kesalahan SEO pemula?

1. Belajar SEO tidak dari Basic (Awal)

Jika Kalian ingin mempelajari SEO, maka Kalian harus mempelajarinya dari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Jangan mengutamakan selalu instan untuk belajar SEO. Sangat dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mempelajari hal-hal dasar tentang SEO.

Hal ini sangatlah penting untuk menguasai apa arti sebenarnya SEO dan apa tujuan penggunaan SEO, Apa itu Backlink, bagaimana cara kerja mesin pencarian google dan lain sebagainya.

Bagi orang-orang yang mempelajari SEO tidak dari basic-nya maka ketika ingin menggunakan teknik SEO yang tidak jelas maka akhirnya akan diri sendiri yang akan kebingungan. Oleh karena itu silahkan pelajari dahulu sistem kerja SEO dan bagaimana penerapannya, pasti seiring berjalannya waktu kalian akan mahir dalam teknik SEO.

2. Melupakan Riset Keyword

Bukanlah hal yang mengherankan lagi jika tidak melakukan riset keyword. Tidak riset keyword merupakan kesalahan yang umum untuk pemula saat blogging dan janganlah merasa heran jika blog atau website yang dibuat akan sepi pengunjung meskipun blog berada di posisi teratas mesin pencarian, itu terjadi karena tidak melakukan riset keyword yang tepat.

3. Membangun Konten yang Asal-Asalan

Untuk kalian yang membuat konten asal-asalan, lebih baik jika diperhatikan terlebih dahulu saat memulai membangun blog atau website.

Jangan hanya menggantungkan pemilihan yang tepat saja tidaklah cukup, kita juga harus membuat konten-konten yang berkualitas yang disukai oleh Google. Membuat konten berkualias tidak semata-mata hanya untuk disukai oleh Google akan tetapi juga untuk disukai pengunjung.

Alasannya cukup sederhana saja jika blog atau website disukai oleh pengunjung maka akan otomatis meningkatkan Traffic dan SEO

4. Tidak Menggunakan Google Webmaster Tools

Hal ini sangat perlu diketahui, karena Google juga menyediakan beberapa tools yang sangat berguna untuk keperluan SEO. Salah satu tools yang perlu dan wajib digunakan adalah Google Webmaster Tools.

Dengan menggunakan Tools yang disediakan Google kita bisa melihat performa blog atau website kita di mesin pencarian, kita bisa melihat blog atau website kita seperti bagaimana Google melihat blog kita.

Kita bisa mengecek Backlink, jumlah index halaman, kata kunci yang paling populer berbagai macam error yang terdapat diblog kita dan masih banyak lagi fitur yang bisa kalian pelajari di Google Webmaster tool.

5. Tidak Memaksimalkan Judul dan Meta Tag Deskripsi

Kebanyakan SEO pemula hanya memikirkan bagaimana cara supaya bisa naik peringkat dimesin pencarian Google tanpa memperhatikan bagaimana blognya tampil di mesin pencarian.

Percuma juga jika blog kalian muncul pada mesin pencarian tetapi judul dan deskripsi blog Kalian tidak menarik perhatian pengunjung untuk mengkliknya.

6. Terlalu memikirkan keyword Density

Hanya dengan menulis postingan secara natural atau ketikan sendiri, jangan terlalu memikirkan keyword density, yang paling terpenting keyword yang Kalian target muncul di dalam postingan. Entah itu Judul,Paragraf awal atau akhir.

7. Menggunakan Italic, Bold, Underline Secara berlebihan

Salah satu Trik SEO yang masih banyak digunakan atau kita sering jumpai yang sering digunakan oleh pemula. Yaitu menggunakan Bold,Italic,Underline secara berlebihan.

Penggunaan metode seperti ini sama sekali tidak ekeftif karena tidak akan membantu meningkatkan ranking blog Kalian, malah akan menggangu kenyamanan pembaca blog atau website Kalian.

Cukup gunakan Italic, Bold, Underline secukupnya saja dan jika memang dipelukan.

8. Tidak memperhatikan Kecepatan Loading Blog

Google sangatlah memerhatikan kecepatan loading suatu website atau blog, maka dari itu Google akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna Google dengan mengutamakan website atau blog dengan loading cepat dan posisi teratas.

Lalu bagaimana cara memerhatikan kecepatan loading blog? Jika mempunyai blog atau website lebih baik untuk segera berhati-hati dari sekarang utuk menggunakan Widget-Widget secara berlebihan dan pernak pernik blog yang sama sekali tidak penting, dan justru karena penggunaan yang berlebihan blog menjadi berat saat memuat halaman.

9. Tidak menggunakan desain Mobile-Friendly

Untuk sekarang ini desain yang Mobile Friendly sudah dijadikan salah satu faktor penting oleh Google yang perlu diperhatikan saat membuat atau membangun suatu blog ataupun website, untuk saat ini Google menentukan peringkat web di mesin pencarian, Khususnya pada perangkat mobile, seperti yang kita ketahui semakin berkembangnya teknologi dan zaman.

Alasannya jelas kini banyak yang menggunakan perangkat mobile katimbang menggunakan komputer desktop.

10. Hanya menggantungkan SEO untuk mendatangkan Pengunjung

Jika kalian baru bergelut dalam sebuah Situs Website atau Blog maka hal yang cukup penting adalah tidak hanya menggantungkan SEO di mesin penarian untuk mendatangkan Pengunjung.

Setidaknya dalam 1 Tahun atau 7 Bula kalian tidak hanya menggantungkan SEO saja kalian bisa mengoptimalkannya melalui media sosial atau Blogwalking atau Social Bookmarking.

Itu adalah kesalahan SEO pemula yang sering terjadi. Setelah Kalian membaca ulasan ini sangat diharapkan Kalian tidak mengalami kesalahan dalam SEO, karena itu juga berpengaruh dengan traffic blog atau website Kalian. Silakan mencoba. Semoga bermanfaat.

9+ Kesalahan Fatal SEO Untuk Pemula yang Wajib Dihindari
Wahyu Achmad
Her Blue Sky

Postingan Terkait

Posting Komentar